Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis

Posted on

Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis – Pepe adalah sebutan bagi satu jenis kue basah dengan lapisan aneka macam warna. Kue yang juga termasuk ke dalam kategori kue tradisional ini dibuat dari perpaduan tepung sagu, tepung beras, santan dan gula. Kue lapis pepe diproses dengan cara dikukus. Tetapi proses pengukusan yang dilakukan berbeda dengan proses pengukusan kue pada umumnya di mana pada kue lapis pepe adonan yang telah dibuat dan dibagi menjadi tiga dengan campuran pewarna makanan yang berbeda untuk setiap adonannya ini dikukus berseling sehingga hasil akhirnya menjadi kue dengan lapisan warna warni. Selingan pengukusan pada adonan kue berdurasi sekitar 5 menit saja. Sedangkan pada tahap pamungkasnya pengukusan berdurasi lebih lama sekitar 30 menitan karena untuk menghasilkan tingkat kematangan pada keseluruhan bagian adonan yang dikukus. Karena jenisnya adalah kue basah yang berarti tidak akan bertahan sampai berhari-hari lamanya, sebaiknya pembuatan kue lapis pepe ini disesuaikan porsinya dan pastikan akan habis dalam waktu kurang dari satu hari supaya tidak mubadzir nantinya. Selengkapnya mengenai pembuatan kue lapis pepe dapat anda lihat pada ulasan cara membuat kue lapis pepe kenyal manis berikut ini.

Baca Resep Gurih Lainnya :   Cara Membuat Kue Cubit Topping Coklat

Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis

Kue Lapis Pepe

Komposisi

  • Santan kelapa 1.2 liter
  • Daun pandan 3 helai
  • Daun jeruk purut 15 helai, sobek
  • Garam halus 2 sendok teh
  • Tepung sagu 475 gram
  • Tepung beras 2 sendok makan
  • Gula pasir 450 gram
  • Pewarna makanan (merah) 15 tetes
  • Pewarna makanan (hijau) 15 tetes

Cara Membuat Kue Basah Tradisional Lapis Pepe Kenyal Manis

  1. Tuangkan santan ke dalam panci lalu tambahkan dengan sobekan daun jeruk, daun pandan serta garam. Aduk merata dan panaskan sampai mendidih dan matang. supaya santan tidak pecah sebaiknya sesekali diaduk saat perebusan sedang berlangsung. Angkat setelah matang dan biarkan dalam panci sampai uap panasnya mulai berkurang.
  2. Dalam wadah adonan, tuangkan tepung beras, gula pasir dan tepung sagu lalu tambahkan dengan campuran santan yang tadi direbus matang. aduk merata sampai adonan tidak menjadi gumpalan tepung.
  3. Setelah itu pisahkan adonan ke dalam 3 wadah. Adonan pada wadah 1 dicampurkan dengan pewarna makanan hijau, adonan pada wadah 2 dicampurkan dengan pewarna makanan merah dan adonan pada wadah 3 dibiarkan putih tanpa campuran pewarna makanan.
  4. Siapkan loyang lalu beri olesan secukupnya minyak goreng dan panaskan dalam pengukusan.
  5. Ambil adonan yang sudah dicampurkan dengan pewarna makanan hijau lalu tuangkan sebanyak 2 sendok besar ke dalam loyang dan kukus selama ±5 menit. Kemudian disusul dengan menuangkan adonan tanpa campuran pewarna makanan lalu kukus kembali selama ±5 menit. Ulangi tahap ini sampai adonan warna hijau dan putihnya tidak tersisa. Selanjutnya baru dilapisi dengan adonan yang diberi campuran pewarna makanan merah dan lanjutkan pengukusan sampai ± ½ jam lamanya supaya semua adonannya matang. Angkat dan biarkan dingin lalu pisahkan kue dari loyang.
  6. Potong kue menjadi beberapa bagian dengan menggunakan benang.
  7. Kue lapis pepe siap disajikan.
Baca Resep Gurih Lainnya :   Resep Membuat Kue Janda Enak Khas Sulawesi

Itulah beberapa tahap pembuatan kue basah tradisional lapis pepe. Semoga resepnya bermanfaat dan dapat membantu anda dalam pembuatan kue lapis pepe di rumah. Silahkan dicoba.

Pengunjung Juga Mencari :

  • resep pepe tradisional
  • cara memotong kue pepe dengan benang
  • komposisi kue pepe
  • lapis sagu bisa tahan berapa hari
  • pepe kenyal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *