Cara Membuat Kudapan Engkak Ketan Enak

Posted on

Cara Membuat Kudapan Engkak Ketan Enak – Engkak ketan merupakan jenis kue panggang yang juga dikenal dengan sebutan kue lapis ketan atau kue bolu palembang karena memang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Kudapan berasa manis dan legit ini biasa dibuat untuk sajian suguhan khas hari raya idul fitri atau juga sebagai suguhan diberbagai riungan acara. Kepopuleran kue ini tidak hanya dikenal di dataran sumatera saja tetapi juga sudah merambat ke berbagai daerah lain di nusantara dengan ciri khas pembuatan yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Kue yang juga masih tergolong ke dalam jenis kue basah tradisional ini dibuat dengan komposisi campuran telur bebek, telur ayam, tepung ketan, susu dan santan. Teksturnya yang terlihat berlapis adalah hasil dari pemanggangan adonan kue engak ketan yang dipanggang secara bertahap sebelum akhirnya dipanggang secara keseluruhan sampai benar-benar matang. Penggunaan tempung ketan dalam campuran komposisi pembuatan adonan kue panggang ini dapat menggunakan tepung ketan berbahan beras ketan putih atau juga beras ketan hitam dan untuk kombinasi rasa yang diinginkan dapat diatur sesuai selera seperti penambahan coklat untuk rasa coklat, penambahan keju untuk rasa keju atau juga penambahan durian untuk rasa durian. Apabila anda ingin membuat kudapan kue engkak ketan, anda bisa mengkreasikannya dengan mengikuti beberapa langkah penyajian seperti pada resep berikut ini.

Baca Resep Gurih Lainnya :   Resep Membuat Kue Bolu Koja Harum Nikmat

Cara Membuat Kudapan Engkak Ketan Enak

Kue Engkak Ketan

Komposisi

  • Telur bebek7 butir
  • Telur ayam8 butir
  • Santan kelapa 1 liter
  • Tepung ketan ½ gram
  • Gula pasir ½ gram
  • Susu kental manis1 kg
  • Mentega 100 gram, lelehkan

Langkah Membuat Kudapan Spesial Enak Kue Engkak Ketan Panggang

  1. Persiapkan alat untuk pemanggangan seperti loyang, kertas roti dan oven. Gunakan loyang berbentuk persegi dengan ukuran 24 cm. Kemudian tutup permukaan loyangnya dengan menggunakan kertas roti dan tambahkan juga dengan secukupnya mentega. Sementara ovennya dipanaskan dalam stelan suhu mencapai 180ᵒC.
  2. Berikutnya membuat adonan kue engkak ketan dengan cara mengocok telur lalu mencampurkannya dengan gula. Aduk merata sampai larut dan mengembang.
  3. Tambahkan kocokan telur dengan susu kental manis, tepung ketan dan santan kelapa. Aduk-aduk sambil diberi tambahan mentega yang sudah dilelehkan.
  4. Setelah adoanan kue engkak ketan selesai dibuat, kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebanyak 200 ml dan panggang dalam oven hingga berubah kecoklatan. Pemanggangan ini dapat berlangsung selama ±5 menit lamanya. Ulangi tahap ini hingga adonan kuenya tidak tersisa.
  5. Berikutnya, masukkan kembali semua adonan yang sudah dipanggang sebentar tadi hingga matang merata selama ±35 menit lamanya. Angkat lalu diamkan sampai dingin dan potong menjadi beberapa bagian.
  6. Kue engkak ketan siap disajikan.
Baca Resep Gurih Lainnya :   Resep Kue Tradisional Putri Salju Manis

Karena komposisi pada pembuatan adonan kue engkak ketan menambahkan campuran telur bebek, jadi hasil kuenya akah sedikit beraroma amis. Untuk meminimalisir bau amis yang ditimbulkan dari campuran telur bebek ini, sebaiknya mencampurkannya juga dengan telur ayam. Takarannya adalah 8 butir telur ayam dan 7 butir telur bebek.

Pengunjung Juga Mencari :

  • resep engkak ketan durian
  • resep engkak ketan
  • resep engkak ketan spesial
  • penyajian engkak
  • cara membuat kue engkak
  • resep engkak enak empuk
  • sejak kapan engkak dikenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *